Monday, March 21, 2016

Tips merawat sepatu



Sama halnya benda kesayanganmu seperti mobil yang selalu kau rawat setiap akhir minggu, begitupun hal yang sama seharusnya kau lakukan untuk sepatumu. Apalagi setelah kau membeli sepatu dengan harga yang tidak murah, lalu menjadi andalanmu di hampir setiap kesempatan, kenapa tidak meluangkan waktu sesaat untuk merawat koleksi sepatumu? Caranya cukup ikuti tips sederhana berikut:

  • Gunakan sepatu secara bergantian. Usahakan agar kau tidak memakai sepatu yang sama setiap hari. Selain membuat penampilanmu tampak membosankan, umur sepatumupun akan menjadi lebih singkat. Biarkan sepatu bernapas, setidaknya berselang satu hari. Jika sepatu yang sama digunakan selama lima hari berturut-turut akan menimbulkan bau tidak sedap dan akan mempercepat proses kerusakan sol sepatu.
  • Saat sepatu basah karena hujan, jangan sekali-kali menaruhnya di dekat sumber panas. Misalnya di belakang kulkas. Cukup dilap dan taruh sepatu dalam suhu ruangan lalu biarkan sampai kering. Setelah beberapa jam, masukkan shoe tree atau koran bekas untuk menjaga bentuk sepatu dan menyerap kelembapan. Juga jangan menyemir sepatu saat masih basah.
  • Cara mudah menjaga kualitas sepatu berbahan suede adalah menyikatnya dengan sikat gigi berbulu halus. Sama seperti sepatu lainnya, semprotkan spray khusus sepatu berbahan suede agar sepatumu bertahan lama.
  • Jika koleksi sepatumu adalah sneakers, gunakan penghapus biasa (yang kau dapatkan di toko buku) untuk membersihkan sisi-sisi sepatumu.
  • Gunakan Shoe tree. Selain mampu menjaga bentuk sepatu, shoe tree yang berasal dari pohon

No comments:

Post a Comment